MUI Malang larang nonton 2012

By On Tuesday, November 17th, 2009 Categories : Serba-Serbi

Hadoh, bukan maksud mau menentang MUI, tapi apakah sudah benar melarang menonton 2012? saya seorang Islam tapi saya merasa bukan masalah menonton film yang bisa memotivasi untuk bisa lebih mengingat Allah karena saya berfikir bahwa kiamat versi fikiran manusia saja sudah sebegitu dahsyat, apalagi kiamat buatan Allah Tuhan semesta alam. Jangan takut, saya tidak pernah mempercayai bahwa kiamat terjadi pada tahun 2012 karena semua orang pasti tahu bahwa kiamat itu rahasia Allah swt. Tapi apakah tidak bisa kita mengambil hikmah dari film itu? seharusnya MUI bukan mengeluarkan pendapat yang bisa saja mempermalukan umat Islam dengan berpendapat agak kolot seperti itu. Sungguh saya merasa malu dengan umat agama lain dengan pendapat MUI yang seperti itu, seakan akan umat Islam itu kolot dan bodoh. MUI jangan khawatir, umat Islam adalah umat yang cerdas dan bisa berfikir mana yang benar dan mana yang salah. Umat Islam tahu dan bisa mengambil hikmah yang baik di film tersebut, setidaknya film itu mengingatkan Manusia bahwa kiamat itu pasti akan datang dan pasti akan dahsyat dari yang digambarkan oleh film tersebut. Apabila MUI takut Film tersebut dapat menyesat umat Islam, apa nggak seharusnya berkata saja pada media “Apabila Anda menonton film itu, ambil hikmah, tapi jangan sekali-kali percaya bahwa kiamat itu terjadi pada tahun 2012 karena kiamat adalah rahasia Allah” saya rasa lebih bijak singkat dan jelas, dan yang pasti tidak mempermalukan umat Islam.
Lagi pula seharusnya MUI nonton dulu film itu baru mengeluarkan statement. Kiamat yang digambar dalam film itu bukan kiamat besar (qubra) yaitu kiamat hancurnya seluruh alam semesta, tapi hanya sebuah kiamat kecil (sugra) yakni munculnya bencana alam yang besar dan bersamaan (gempa bumi, tsunami, jatuhnya meteor, gunung meletus, dsb) yang mungkin dikarenakan kondisi alam/bumi kita yang sudah tua dan kondisi memburuk. Kejadian alam yang bisa saja terjadi seperti pada jama es yang telah memusnahkan binatang/makhluk purba. Kejadian alam seperti ini juga telah diramalkan oleh teknologi dan ilmu pengetahuan dan hasilnya: Bencana alam seperti ini bisa saja terjadi…
Pada akhir film ini, masih ada tempat dibumi yang tersisa dan masih ada manusia yang selamat. Film ini pun cuma terjadi di bumi, bukan semesta. Jadi film itu bukan kiamat besar tapi cuma kiamat kecil. Apakah kita semua bisa membayangkan kiamat qubra/besar? kiamat yang menghancurkan alam semesta…

Saya lebih setuju dengan MUI Jawa Barat, mereka merespons biasa film 2012. Ketua MUI Jabar KH Hafidz Utsman mengaku prihatin dengan mencuatnya kontroversi mengenai film 2012. Menurut dia, tidak ada yang perlu diributkan dari film ini karena seperti karya seni komersial lainnya, 2012 bukanlah mengedepankan fakta, melainkan fiksi belaka. “Namanya film kan rekayasa, tontonan untuk hiburan yang ada skenarionya. Persoalan tema, itu bergantung kreativitas tim produksinya bagaimana supaya menarik, menjadi sensasi, dan layak jual,” ujar Hafidz. (diambil dari http://karodalnet.blogspot.com/2009/11/mui-film-kiamat-2012-haram.html)

Sementara itu, menanggapi antusiasme masyarakat dalam menonton film 2012, MUI pusat pun turun tangan. MUI membantah tanda-tanda kiamat seperti yang digambarkan film tersebut. “Kiamat (seperti yang digambarkan dalam Alquran) tidak sama seperti film 2012,” ungkap Sekretaris Umum MUI Ikhwan Syam kemarin. Diambil dari: http://karodalnet.blogspot.com/2009/11/mui-film-kiamat-2012-haram.html. (Ui bangun… di film itu tidak ada mengatakan bahwa 2012 itu dibuat dengan berdasarkan Islam, tapi berdasarkan ramalan suku bangsa Maya. Statement MUI pusat di atas, seakan-akan film itu di buat berdasarkan tanda-tanda kiamat yang ada pada Islam, tapi kenyataannya pada film itu tidak seperti yang digambarkan dalam Islam. Pertanyaan: Apakah film 2012 itu harus diharamkan dikarenakan tidak sesuai Islam? Kalau seperti itu tarik juga tuh film-film yang lain seperti: James Bond, Zombie, Resident Evil, Harry Potter, dsb. toh film itu tidak sesuai Islam. Sekalian tarik tuh sinetron-sinetron Indonesia seperti Timun Mas, dan sinetron-sinetron legenda lainnya, sinetron itu hampir semuanya berisi tentang siluman, setan, raksasa dll.)

Akhir kata saya mohon maaf yang sebesar-besar apabila ada salah kata… wallahu’alam..

MUI Malang larang nonton 2012 | Si Boy | 4.5
Leave a Reply