Sejarawan Italia Berhasil Kuak Identitas Mona Lisa?

By On Thursday, January 20th, 2011 Categories : Serba-Serbi
Mungkin tak ada yang lebih kontroversial dari lukisan karya Leonardo Da Vinci, Mona Lisa. Selama berabad – abad, para investigator seni berusaha mengungkap simbol-simbol dalam lukisan ini, termasuk siapa sebenarnya Mona Lisa dan arti dibalik senyumnya yang misterius. Kini, sejarawan seni Italia mengklaim telah menguak kode Da Vinci dalam versi nyata: identitas Mona Lisa. Adalah sejarawan, Carla Glori yang menemukan, bahwa jembatan yang ada di latar belakang lukisan Mona Lisa menjadi petunjuk penting. Kata dia, punuk jembatan — di mana angka 72 samar-samar terlihat di sana — adalah jembatan nyata yang terbentang di Sungai Trebbia di Bobbio, di dekat Piacenza, Italia.
Glori yang menulis buku berjudul Engima Leonardo: Deciphering And Discovering, mengaku yakin, wanita dalam karya agung itu adalah Bianca Giovanna Sforza. Bianca Giovanna Sforza adalah putri Ludovico il Moro, bangsawan yang berkuasa di Bobbio, 500 tahun yang lalu. Dua huruf yang ditemukan baru-baru ini di mata Mona Lisa — huruf ‘S’ dan ‘G’ diduga merupakan inisial nama Bianca. “Berdasarkan penelitian, saya telah mengidentifikasi subjek adalah Bianca Giovanna Sforza dan jembatan di latar belakang adalah salah satu yang membentang di Sungai Trebbia di Bobbio,” kata dia, seperti dimuat Daily Mail. Ditambahkan Glori, 500 tahun lalu, Bobbio adalah pusat kebudayaan penting yang mahsyur dengan perpustakaannya dan sebuah puri yang berdiri di persimpangan utamanya.
“Diduga Da Vinci mengunjungi Bobbio karena perpustakaannya yang terkenal, dan ia melukisnya berdasarkan memori, beberapa tahun kemudian, mungkin saat ia tinggal di Prancis,” kata dia. Ditambahkan Glori, meski setelah berabad-abad, kota itu sudah berubah banyak, namun, sisa-sisa masa lalu seperti yang tergambar dalam lukisan Da Vinci masih bisa dilihat saat ini, yakni jalanan yang meliuk seperti ular. Ditambahkan dia, jembatan yang melintasi Sungai Trebbia, seperti dalam lukisan itu telah tersapu pada tahun 1472 — mungkin berhubungan dengan angka ’72’ yang terlihat samar-samar dalam lukisan Mona Lisa.
Lembah di mana Bobbio terletak digambarkan oleh Ernest Hemingway sebagai yang paling indah di dunia dan jembatan kota juga dikenal sebagai Devil’s Bridge atau jembatan Iblis. Alkisah, jembatan itu diduga dibangun semalam oleh iblis atas perjanjian dengan Santo Columbanus — yang menjanjikan nyawa pertama yang melintasi jembatan diberikan pada iblis. Teori Glori mendapat bantahan dari Martin Kemp, mantan pengajar di Oxford University sekaligus ahli Da Vinci. “Ini hampir pasti adalah potret bangsawan Italia, Lisa del Giocondo. Mungkin ide awalnya tak romantis dan misterius,” tambah dia. Ditambahkan dia, tak ada kemiripan jembatan Bobbio, seperti yang diklaim Glori.  
Dari berbagai sumber…

Nah kan?? tetap aja masih jadi misteri… tapi.. *sambil garuk2 pala*, untuk apa sih para ilmuwan/sejarahwan pada susah2 ngungkapin siapa wanita itu? jangan2 cuma wanita dalam imaginasi Da Vinci saja *nebak ngasal*… kabarnya sih di senyum lukisan monalisa itu tersimpan sebuah rahasia.
Sejarawan Italia Berhasil Kuak Identitas Mona Lisa? | Si Boy | 4.5
Leave a Reply