Wikileaks: Iran Bisa Serang Israel Dalam Waktu 12 Menit

By On Tuesday, January 4th, 2011 Categories : Serba-Serbi
Berita pembocoran dokumen rahasia AS oleh situs Wikilieaks yang dimilki Julian Assange memang menarik untuk disimak. Entah itu sebuah propaganda atau punya maksud tertentu, yang jelas AS kelihatannya seperti kebakaran jenggot. Yang pasti borok AS baik terhadap negara sekutu maupun negara musuhnya semakin kelihatan. Berikut berita terbaru:

TEMPO Interaktif, Yerusalem – Situs pembocor dokumen rahasia WikiLeaks terus mengeluarkan kawat diplomatik milik pemerintah Amerika Serikat. Dalam kawat terbaru, terungkap, pemerintah Iran memiliki misil yang bisa menghancurkan Israel hanya dalam rentang waktu 10 hingga 12 menit.
Dalam kawat diplomatik yang dikirim Kedutaan AS di Tel Aviv ke Washington tersebut, Kepala Staf Pertahanan Israel, Letnan Jenderal Gabi Ashkenazi mengatakan kemampuan Iran itu di hadapan delegasi anggota kongres AS yang dipimpin Ike Skelton pada November 2009. Menurut Ashkenazi pemerintah Iran memiliki 300 misil yang bisa menyerang Israel dalam waktu 12 menit.
Meski Iran ancaman bagi Israel, dalam kawat tersebut diungkapkan Ashkenazi lebih khawatir dengan kekuatan Hamas yang mengendalikan Gaza dan perbatasan barat Israel. Dia juga cemas dengan kekuatan Hezbollah di Lebanon. Menurut Ashkenazi Hezbollah punya 40 ribu roket. “Sedangkan Hamas kemungkinan juga mampu membombardir Tel Aviv, kota terpadat Israel,” kata Ashkenazi.
Untuk mengantisipasi serangan Hamas dan Hezbolla, Ashkenazi mengungkapkan telah mempersiapkan diri. Bahkan untuk perang skala besar sekali pun. “Serangan-serangan roket itu merupakan ancaman serius bagi kami, karena itu kami menyiapkan diri, termasuk menyiapkan roket-roket untuk pertahanan,” kata dia.
Wikileaks: Iran Bisa Serang Israel Dalam Waktu 12 Menit | Si Boy | 4.5
Leave a Reply