Memuji Diri Sendiri

By On Monday, February 7th, 2011 Categories : Serba-Serbi
Self Esteem adalah memandang diri kita berharga dan memiliki keistimewaan. Tetapi self esteem yang berlebihan bisa membuat seseorang menjadi pribadi yang sombong dan suka meremehkan orang lain.

Salah satu ciri dari self esteem yang berlebihan adalah kebiasaan memuji diri atas prestasi, karakter,kondisi fisik dan kebaikan yang sudah dilakukan tanpa ada lagi perasaan risih dan malu. Di dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita temui orang-orang seperti itu. Mereka sering membangga-banggakan diri dengan memberitahukan kepada orang lain kelebihan-kelebihan yang dimiliki.

Ternyata sikap suka memuji diri sendiri seperti itu ada reason-nya. 3 alasan itu adalah :

1. Merasa begitu hebat.

Orang yang suka memuji diri sendiri merasa bahwa dia sudah melakukan atau mencapai apa yang orang lain tak bisa lakukan. Ini tak lain adalah wujud kesombongan. Berhati-hatilah jika kita mulai merasa hebat, karena kesombongan akan berakhir dengan kehancuran. Kesombongan membuat seseorang tidak bisa menilai sesuatu secara objektif, apalagi dalam menilai diri sendiri kita memang cenderung untuk memberikan penilaian yang subyektif. Bukan berdasarkan kenyataan yang sesungguhnya. Tetapi berdasarkan pandangan dan perasaan sendiri. Kita mengira diri kita hebat, padahal tidak ada apa-apanya.

2. Mencari pengakuan.

Orang yang suka memuji diri sendiri sebenarnya menyimpan masalah di dalam dirinya, yaitu perasaan kurang mendapat pengakuan. Oleh karena itu, ia akan memuji diri dan menceritakan kelebihan-kelebihannya agar ia diakui. Sebenarnya pengakuan tidak datang melalui usaha memuji diri sendiri dan menceritakan kehebatan kita. Pengakuan akan datang dengan sendirinya ketika kita melakukan segala sesuatu dengan tulus disertai kerja keras. Tanpa menceritakan apa-apa, pengakuan itu akan datang dengan sendirinya. Sebab, Tuhan tidak pernah menahan apa yang patut kita terima.

3. Meremehkan orang lain.

Ketika memuji diri, sesungguhnya kita sedang mengatakan kepada orang lain :”Nih, lihat..kamu gak seperti aku kan? atau…”Saya lebih hebat dari kamu lho.”

Bukankah tak jarang kita memuji diri sendiri dengan maksud membuat orang lain merasa tak berarti? Kita menjatuhkan keyakinan diri mereka dengan mengatakan bahwa kita lebih baik dari mereka.

Kita harus memiliki self esteem, tapi jangan memuji diri sendiri.

Note: Jika kamu ingin dipuji orang lain, jangan pernah memuji diri sendiri.

Sumber: http://just-fatamorgana.blogspot.com

Cek Hadits di bawah ini:

“Apabila kamu melihat orang yang suka memuji, maka
taburkanlah debu di mukanya.” (HR Muslim)

Hadits di atas emang bagi orang yang suka muji orang lain sih, cuma logikanya, memuji orang lain saja kalau berlebihan disuruh taburi debu di mukanya, nah apalagi bila memuji diri sendiri… kira2 ditaburi apa ya?? ^_^

Memuji Diri Sendiri | Si Boy | 4.5
Leave a Reply