Kepadatan Keyword yang Diakui Search Engine – Keyword Density

By On Tuesday, May 3rd, 2011 Categories : Serba-Serbi
Kepadatan Keyword (Keyword Density) adalah indikator berapa kali keyword yang dipilih muncul di halaman web. Tapi ingat, keyword tidak boleh berlebihan digunakan, tetapi harus secukupnya saja untuk tampil di tempat-tempat penting.
Jika Anda mengulangi keyword Anda dengan setiap kata lain pada setiap baris secara berlebihan (termasuk keyword yang disertai sisipan kata kunci lain yang disertai link), maka situs Anda mungkin akan ditolak karena dianggap situs spam.
Keyword density selalu dinyatakan sebagai persentase dari isi total kata pada halaman web tertentu.

Misalkan anda memiliki 100 kata di halaman web Anda (tidak termasuk kode HMTL yang digunakan untuk menulis halaman web), dan Anda menggunakan keyword tertentu selama 5 kali dalam konten. Kepadatan keyword pada halaman web Anda didapatkan dengan membagi jumlah keyword dengan jumlah total kata yang muncul di halaman web Anda. Jadi di sini adalah 5 dibagi 100 = 0,05. Karena keyword density adalah persentase dari total jumlah kata pada halaman, kalikan di atas dengan 100, yaitu 0,05 x 100 = 5%

Standar yang diterima untuk keyword density adalah antara 3% dan 5%, untuk dapat diakui oleh Search Engine dan Anda tidak boleh melebihi itu.
Ingatlah, aturan ini berlaku untuk setiap halaman di situs Anda. Hal ini juga berlaku tidak hanya untuk satu keyword saja, tetapi juga berlaku bagi satu set keyword yang berhubungan dengan produk atau jasa yang berbeda. Kepadatan keyword harus selalu antara 3% dan 5%.
Langkah-langkah sederhana untuk memeriksa densitas:
  • Copy-paste konten dari halaman web Anda ke dalam sebuah program software pengolah kata seperti Word atau Word Perfect. (Maaf, di sini hanya tersedia untuk Ms-Word 2003, untuk MS-Word 2007 tentunya lebih mudah, karena untuk melihat jumlah kata, langsung tersedia dibagian bawah kiri, ada tulisan Words)
  • Buka menu ‘Edit’ dan klik ‘Select All’. Sekarang, masuklah ke menu ‘Tools’ dan pilih ‘Word Count’. Tuliskan jumlah kata dalam halaman. (Catat berapa jumlah kata)
  • Sekarang pilih fungsi ‘Find’ pada menu ‘Edit’. Buka tab ‘Replace’ dan ketik kata (kata kunci) yang ingin Anda temukan. Mengganti kata dengan kata yang sama, sehingga Anda tidak akan mengubah teks.
  • Ketika Anda telah menyelesaikan fungsi Replace, sistem akan memberikan hitungan kata yang diganti. Yang memberikan berapa kali Anda telah menggunakan kata kunci di halaman tersebut.
  • Sekarang anda sudah mengetahui jumlah total kata dan banyaknya keyword. Anda tinggal menghitung berdasarkan formula yang sudah dijelaskan di atas. Apabila Anda mempunya lebih dari satu keyword, tinggal diakumulasikan saja.
Untuk contoh, seperti conten halaman ini, saya mempunyai 20 keyword dengan jumlah total kata 450 kata,  maka (25/510)*100 = 4,9%. Jadi Keyword Density halaman ini masih bisa diterima.
Ingat, postingan bukan untuk memberikan rasa repot bagi Anda para blogger karena begitu ribetnya sehingga harus hitung menghitung, tapi lebih ke peringatan bahwa tidak bagus terlalu bernafsu menembak keyword sehingga berlebihan yang akhirnya malah akan diabaikan oleh Search Engine. Cukuplah untuk mengira2 saja berapa persen kepadatan keyword Anda. Namun apabila berhati-hati, dihitung dengan teliti seperti cara diatas pun tidak ada salahnya.
Sekali lagi, saya post tulisan ini hanya untuk diri saya sendiri. Tapi, jika tulisan ini berguna bagi Anda, Alhamdulillah.
Versi terjemahan dari: aris-sugianto.blogspot.com
Kepadatan Keyword yang Diakui Search Engine – Keyword Density | Si Boy | 4.5
Leave a Reply