Kepadatan Keyword yang Diakui Search Engine – Keyword Density

By | May 3, 2011
Kepadatan Keyword (Keyword Density) adalah indikator berapa kali keyword yang dipilih muncul di halaman web. Tapi ingat, keyword tidak boleh berlebihan digunakan, tetapi harus secukupnya saja untuk tampil di tempat-tempat penting.
Jika Anda mengulangi keyword Anda dengan setiap kata lain pada setiap baris secara berlebihan (termasuk keyword yang disertai sisipan kata kunci lain yang disertai link), maka situs Anda mungkin akan ditolak karena dianggap situs spam.
Keyword density selalu dinyatakan sebagai persentase dari isi total kata pada halaman web tertentu.

Misalkan anda memiliki 100 kata di halaman web Anda (tidak termasuk kode HMTL yang digunakan untuk menulis halaman web), dan Anda menggunakan keyword tertentu selama 5 kali dalam konten. Kepadatan keyword pada halaman web Anda didapatkan dengan membagi jumlah keyword dengan jumlah total kata yang muncul di halaman web Anda. Jadi di sini adalah 5 dibagi 100 = 0,05. Karena keyword density adalah persentase dari total jumlah kata pada halaman, kalikan di atas dengan 100, yaitu 0,05 x 100 = 5%

Standar yang diterima untuk keyword density adalah antara 3% dan 5%, untuk dapat diakui oleh Search Engine dan Anda tidak boleh melebihi itu.
Ingatlah, aturan ini berlaku untuk setiap halaman di situs Anda. Hal ini juga berlaku tidak hanya untuk satu keyword saja, tetapi juga berlaku bagi satu set keyword yang berhubungan dengan produk atau jasa yang berbeda. Kepadatan keyword harus selalu antara 3% dan 5%.
Langkah-langkah sederhana untuk memeriksa densitas:
  • Copy-paste konten dari halaman web Anda ke dalam sebuah program software pengolah kata seperti Word atau Word Perfect. (Maaf, di sini hanya tersedia untuk Ms-Word 2003, untuk MS-Word 2007 tentunya lebih mudah, karena untuk melihat jumlah kata, langsung tersedia dibagian bawah kiri, ada tulisan Words)
  • Buka menu ‘Edit’ dan klik ‘Select All’. Sekarang, masuklah ke menu ‘Tools’ dan pilih ‘Word Count’. Tuliskan jumlah kata dalam halaman. (Catat berapa jumlah kata)
  • Sekarang pilih fungsi ‘Find’ pada menu ‘Edit’. Buka tab ‘Replace’ dan ketik kata (kata kunci) yang ingin Anda temukan. Mengganti kata dengan kata yang sama, sehingga Anda tidak akan mengubah teks.
  • Ketika Anda telah menyelesaikan fungsi Replace, sistem akan memberikan hitungan kata yang diganti. Yang memberikan berapa kali Anda telah menggunakan kata kunci di halaman tersebut.
  • Sekarang anda sudah mengetahui jumlah total kata dan banyaknya keyword. Anda tinggal menghitung berdasarkan formula yang sudah dijelaskan di atas. Apabila Anda mempunya lebih dari satu keyword, tinggal diakumulasikan saja.
Untuk contoh, seperti conten halaman ini, saya mempunyai 20 keyword dengan jumlah total kata 450 kata,  maka (25/510)*100 = 4,9%. Jadi Keyword Density halaman ini masih bisa diterima.
Ingat, postingan bukan untuk memberikan rasa repot bagi Anda para blogger karena begitu ribetnya sehingga harus hitung menghitung, tapi lebih ke peringatan bahwa tidak bagus terlalu bernafsu menembak keyword sehingga berlebihan yang akhirnya malah akan diabaikan oleh Search Engine. Cukuplah untuk mengira2 saja berapa persen kepadatan keyword Anda. Namun apabila berhati-hati, dihitung dengan teliti seperti cara diatas pun tidak ada salahnya.
Sekali lagi, saya post tulisan ini hanya untuk diri saya sendiri. Tapi, jika tulisan ini berguna bagi Anda, Alhamdulillah.
Versi terjemahan dari: aris-sugianto.blogspot.com

43 thoughts on “Kepadatan Keyword yang Diakui Search Engine – Keyword Density

  1. Fery

    Bener2 sip deh pelajaran seo dari master. Tapi ada yg bilang kalo google sekarang udah gak terlalu peduli sama keyword di meta tag, bener qak sih sob?

    Reply
  2. Ladida Cafe

    ketika master berbagi nih, heheee

    kalo saya sii asal bikin aja artikel, jadi ga mikir keyword,

    gimana cara bikin artikel yg keyword padat dan efektif tapi bahasanya bagus ya?

    Reply
  3. Om Tiger

    This is a smart blog. I mean it. You have so much knowledge about this issue, and so much passion. You also know how to make people rally behind it, obviously from the responses. Youve got a design here thats not too flashy, but makes a statement as big as what youre saying. Great job, indeed.

    Reply
  4. Catatan si Boy

    @Fery: naha, kalau sy sendiri belum pernah dengar.. jadi mungkin saja masih kabar burung… hehe.. Mari lemparkan ke Forum kita supaya didiskusikan bareng.. 🙂

    Reply
  5. Catatan si Boy

    @Ladida: hehe master dari hongkong.. :D, Caranya ya sesuai dengan persentase keyword density ini sob, 3% – 5%, jadi keyword terpadat yg diakui Search Engine adalah 5%. Kalau bahasa yg bagus berarti harus sesuai dengan bahasa indonesia yang baik dan benar.. 🙂

    Reply
  6. Catatan si Boy

    @Om Tiger: Thanks for your little review brother, I know this because I like reading many informations from the Internet. But, I'm sorry I dont really understand what you meant by "makes a statement as big as what youre saying".. Thanks.. 🙂

    Reply
  7. Fery

    Ayo kita lempar ke forum mas, biar lebih banyak yg diskusikan. Kali aja ada yg sudah tau hehehe…

    Reply
  8. Catatan si Boy

    @Kamera: setahu saya intinya 'Tag' itu sama dengan istilah 'label', jadi tag sifatnya lebih umum dr pd keyword. keyword adalah kata kunci yg kita sematkan dalam postingan, sedangkan tag adalah label yang mencakupi keseluruhan isi postingan dan bahkan seluruh posting dalam blog/web. Misalnya dalam postingan ini, keywordnya yg dsematkan adalah Keyword density dan keyword, jadi tag yg bisa sy kasing adalah SEO dan Tips Trik Blogging. sedangkan SEO dan Tips Trik Blogging itu sendiri adalah tag dari isi postingan saya yg lain yg sama-sama meliputi tentang SEO dan Tips dan Trik dalam nge-blog.. hehe kira2 begitu, mohon maaf kalautdk memuaskan.. 🙂

    Reply
  9. Admin

    ENGLISH TUTORS URGENTLY NEEDED!!!

    A Fast Growing National English Language Consultant is hunting for :

    => ENGLISH TUTORS <=

    Qualifications:

    1. Competent, experienced, or fresh graduate
    2. Proficient in English both spoken & written
    3. Friendly, Communicative, & Creative

    Placement :
    => Batam – Pekanbaru -Balikpapan – Banjarmasin – Palembang – Medan – Makassar

    Send your application and resume to : [email protected] as soon as possible.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.

    Reply
  10. Johns

    hmm saya kurang paham nih sama yang beginian tp nice artikel, mudah-mudahan bisa dipahami thanks..?

    Reply
  11. spesialis kartu undangan

    oh begitu ya mas boy ?, baru tau neh…nah kalo keyword sendiri apakah kita sisipkan di meta tag html ?
    terima kasih atas acc backlinknya juga ….
    matur nuwun
    kamsiah
    syukron katsiiir
    hatur nuhun
    🙂

    Reply
  12. Catatan si Boy

    @speasialis Kartu undangan: Di meta tag HTML sampean juga dibuatkan keywordnya. Tapi keywords tersebut adalah keyword secara umum yg mencakup keseluruhan isi blog sampean.

    iya sama-sama mas.. syukron katsir… 🙂

    Thanks atas follow-nya, saya akan pasti follow back…

    Reply
  13. spesialis kartu undangan

    thanks ya…jawabannya mas boy. kesan saya tentang blog ini adalah familiar, bersahabat, enak diajak bicara, jarang ada yang menjawab pertanyaan kemudian menjawabnya bukan diblog nya saja, tapi menyertakan link informasi jawaban pada blog penanya ! salut, baru pertama saya menginjakkan kaki di blog ini kesan ramah sudah terasa ! mudah mudahan ini adalah cita rasa dari blog ini, jangan pernah sampai hilang cita rasa itu !!!

    Reply
  14. Catatan si Boy

    @spesialis kartu undangan: Wah, sy jadi besar kepala ni mas.. heheh… semoag sy tetap di "jalan yang benar" hahaha… dari awal saya ngeblog, niatnya memang buat bersahabat mas, jadi sy berusaha akan menjawab sebisa yang saya bisa.. hehe.. amiin atas doanya.. 🙂

    Reply
  15. Nisa

    Saya masih belum mudeng nih. Biasanya kalau saya nulis artikel, ya nulis aja. Bagaimana tahu yang keywordnya yang mana? Btw, orang palangka ya? salah satu komennya pake b.banjar, he he.. salam kenal

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *