Apa itu Meta Tag?

By On Saturday, June 18th, 2011 Categories : Serba-Serbi
Bagi sobat blogger pasti sudah mengenal yang namanya meta tag. Bukan blogger namanya kalau tidak tahu yang namanya meta tag. Namun yang jadi masalah adalah kadang kita memasukkan meta tag secara asal-asalan, tidak tahu meta tag yang dimasukkan itu benar atau salah, dan yang paling penting apakah meta tag tersebut disukai Search Engine atau tidak dan bahkan bisa saja blog sobat malah akan dianggap spam. *dulunya termasuk saya… heheh…
Baiklah!

Apa itu Meta Tag?

Meta Tag adalah potongan kode informasi yang diletakkan di antara tag-tag sobat yang merupakan bagian dari dokumen HTML sobat . Jadi, berdasarkan penjelasan itu, sobat tahu kan kalau meta tag itu penting banget buat SEO, karena dalam meta tag tersebut berisi informasi dari blog sobat yang nantinya akan di baca oleh Search Engine. Dah bahkan meta tag berisi perintah kepada search engine.
Ada dua cara dalam menulis Meta Tag, yaitu:
1. <META HTTP-EQUIV=”name” CONTENT=”content”/>
2. <META NAME=”name” CONTENT=”content”/>
Note: Boleh juga CONTENT duluan, baru NAME. (terserah saja)
Dulu pada pertengahan tahun 90an, Meta tag dikembangkan untuk membantu pertumbuhan yang cepat dari halaman web/blog. Namun pada akhir 90-an ada kejadian besar. Banyak Webmaster, umumnya mereka yang berada pada situs dewasa menyalahgunakan penggunaan Meta tag, terutama meta tag keyword. Banyak kata kunci yang tidak terkait ditempatkan di situs mereka di bagian Meta tag, menyebabkan situs porno mereka muncul di hasil pencarian padahal tidak terkait dengan topik.
Berita buruknya, akhirnya mesin pencari utama mulai menghentikan penggunaan Meta tag sebagai kriteria utama untuk me-listing situs-situs. Terutama Google, Google selalu mengabaikan penggunaan Meta tag, dan akhirnya hanya akan meng-indeks Google Meta Tag. Apa itu google meta tag? sabar ya, posting berikutnya akan dibahas lebih spesifik. hehe..
Perlu sobat ketahui bahwa ada beberapa mesin pencari yang membaca Meta tag dengan cara mereka sendiri. Misalnya searchBC yang merupakan search engine untuk British Columbia. Salah satu Meta tag-nya adalah ‘revisit after’ yang mana meta tag ini tidak didukung oleh google.
Jadi, berita baiknya, bahwa ada ribuan search engine yang ada di dunia maya yang tentu saja akan menggunakan meta tag – meta tag yang sobat gunakan. Jadi jangan berkecil hati gara-gara google cuma ng-index Google Meta Tag. Terus optimasi SEO sobat semaksimal mungkin dan siapa tahu google semakin canggih sehingga tidak tertipu lagi oleh meta tag – meta tag yang menyesatkan..

Sebagai informasi, berikut adalah daftar meta tag yang perlu sobat ketahui dan nanti akan diusahakan dijelaskan satu demi satu: (Kalau sudah tersedia link-nya silakan klik)

Tag yang direkomendasikan:
Meta Content Language (non-US English ONLY)
Meta Content Type
Meta Description

Tag Pilihan:
Meta Abstract
Meta Author
Meta Copyright
Meta Designer
Meta Google
Meta Keywords
Meta MSN (No ODP)
Meta Title

Tag yang tidak direkomendasikan:
Meta Content Script Type
Meta Content Style Type
Meta Distribution
Meta Expires
Meta Generator
Meta MS Smart Tags
Meta Pragma No-Cache
Meta Publisher
Meta Rating
Meta Refresh
Meta Reply-To
Meta Resource Type
Meta Revisit After
Meta Robots
Meta Set Cookie
Meta Subject
Meta VW96.ObjectType

Apa itu Meta Tag? | Si Boy | 4.5
Leave a Reply