Tips Mata Sehat dan Main Komputer

By On Tuesday, June 7th, 2011 Categories : Serba-Serbi
Tidak terasa sudah 5 hari mata ini merah dan bengkak. Kok lama banget ya sembuhnya? Padahal sebentar lagi mengikuti tes masuk kuliah. Berkas juga belum lengkap. Parahnya saya belum bisa bikin pasphoto terbaru untuk kelengkapan berkasnya. Loh? kenapa tidak bisa bikin phasphoto? ya iyalah, mata sebelah ku merah dan bengkak sebelah hingga sipit. Ga lucu kan kalau mata ku nan indah ini tiba-tiba tidak simetris.Untunglah cepat berobat dan alhamdulillah sudah mulai berkurang, putih mata yang kemaren terlipat juga sudah berkurang.
Sekali lagi tolong doakan mataku semoga cepat sembuh total. Kalau cuma tes tertulis sih enak, paling-paling kalau tidak tahan terlalu lama melihat kertas soal warna putih nan tebal itu, saya bisa istirahat tidur di kursi heheh… kalau tidak lulus saya masih bisa ikut periode berikutnya. Yang bikin takut adalah tes wawancaranya. Sekali lagi “ga lucu kan” kalau pewawancaranya kabur liat mata ku. hehehe… boro-boro lulus, belum ditanya aja sudah disuruh cepat-cepat  keluar. Takut virus mata ini tersebar..
Sebenarnya saya adalah anggota penerimaan mahasiswa itu juga. cie cie cie… Mungkin karena itulah saya lalai dalam mempersiapkan berkas-berkas saya sendiri. Mungkin sudah merasa sudah pasti lulus kali ya. xixixi.. *terlalu pede. Penerimaan tinggal 3 hari lagi, tapi baru tadi sore sempat cek bahwa ijazah dan transkrip ku belum ada satupun yang dilegalisir. huhuhu…
Saya cuma nyempatin update postingan dengan tulisan yang tidak penting ini. Ini juga sambil kelilipan sambil pake kaca mata riben malam-malam. Kalau jalan, tinggal dikasih tongkat saja, jadi dah…  
Makanya jangan kayak saya, internetan sambil-sambil ingat waktu, apalagi yang pake PC dengan monitor tabung. Radiasinya pasti lebih kuat daripada laptop. Saya yang pake laptop saja kayak gini kalau berlebihan, apalagi bila pake monitor tabung. Ditambah lagi penyakit insomnia yang menyerang saya, sehingga fikiran cuma ada internet, internet, dan internet. Tidak tahunya malah mata saya yang kewalahan. Tobat dah… 
Finally, berdasarkan pengalaman saya, ada sedikit tips buat sobat supaya matanya tetap sehat:

1. Jangan biarkan sampai mata kering, perbanyak kedipan mata supaya mata tetap basah.
2. Apabila mata terasa panas, kompreslah dengan air dingin. Dijamin nikmat.
3. Jangan ragu untuk memakai kaca mata riben untuk mengurangi radiasi langusng ke mata. Biar saja bila ada yang sirik sambil bilangin “topeng monyet” “topeng monyeeet”…Kamu balas aja “sirik tanda tak mampu”
4. Jangan lupa konsumsi Vitamin A (kata dokter)
5. Kalau orang bilang minimal jarak komputer ke mata itu 30 cm. Maka lebih baik lagi kalau 1 meter. Saya sekarang malah kadang 2 meter. Andaikan tangan ku ini panjangnya 5 meter, maka ngetik postingan ini pun maunya 5 meter jaraknya *biar mata pada mbrojol semua…. hehe
6. Kalau kemaren saya di depan laptop 80% sehari, usahakan kalian 100% persen. Biar sehat? biar BUTA.. wkwkwk.. ya iyalah dikurangi lagi dari 80%. Sedangnya berapa persen? mungkin 40% saja kali ya, sudah termasuk jam kerja dan internetan. Memang terasa sebentar sih, tapi ya itulah, kita sering lupa waktu kalau sudah main internet. Intinya, kalau mata sudah terasa kering, ya istirahat dulu. Olah raga mata. Liat-liat cewek lewat. wkwkwk ya bukanlah… maksudnya liat-liat pohon hijau nan jauh-jauh di sana.
7. Sekali-sekali cek mata ke dokter hewan mata dan apabila mau ke tempat umum, sering-seringlah cek tahi mata Anda, apalagi kalau ke tempat makan, bisa-bisa orang kehilangan selera makan… hehehe…
8. Satu lagi, kalau kamu pake kacamata riben untuk mengatasi sakit mata, kemudian kamu bingung kehilangan kacamata itu dan telah menaruhnya dimana? Jangan gusar dulu, karena ceklah di atas kepalamu. heheh… *pengalaman pribadi…
    Ok, cukup untuk ngaconya, kalau mau lebih lengkap tentang pengaruh komputer ini terhadap mata, mulai dari gejala dan macam-macam sakit matanya akibat komputer, silakan ke sini sob, http://ariefew.com/umum/sakit-mata-akibat-penggunaan-komputer-berlebihan. Infonya lebih mantap.. 🙂
    Pesan: Maaf kepada sobat-sobat yang belum saya kunjungi balik, mataku belum kuat di depan komputer lama-lama. nanti pasti saya berkunjung balik.. 🙂
    Tips Mata Sehat dan Main Komputer | Si Boy | 4.5
    Leave a Reply