Marhaban Yaa Ramadhan 1432 H

By On Sunday, July 31st, 2011 Categories : Serba-Serbi
Marhaban Yaa Ramadhan 1432 H. Lafaz Niat Puasa Ramadhan. Lafaz Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh. Doa Berbuka Puasa.

Tidak terasa kita akan memasuki bulan penuh berkah yaitu bulan Ramadhan. Alhamdulillah kita diberikan umur yang panjang sehingga kita diberikan kesempatan lagi untuk menikmati berkah bulan Ramadhan ini. Bulan yang mana semua pintu Syurga dibuka, pintu neraka ditutup, setan-setan dibelenggu dan pahala dilipat gandakan berlipat-lipat. Adakah lagi kebahagiaan yang kita harapkan selain bertemunya bulan ini?

Demi mendapatkan ridha-Nya, marilah kita saling memaafkan untuk memulai bulan penuh berkah ini supaya segala amal perbuatan kita pada bulan Ramadhn diterima dan pahala dilipat gandakan oleh Allah Swt. Ingat, malaikat pernah berdo’a kepada Allah supaya amal perbuatan kita pada bulan Ramadhan ditolak apabila kita masih punya dosa-dosa dan berselisih kepada orang tua, teman, dan orang-orang di sekitar. Maka hendaknyalah apabila kita mempunyai salah dan dosa maka harus saling memaafkan. Saya sendiri sudah mengikhlaskan semuanya apabila ada yang punya dosa sama saya bahkan sebelum mereka meminta maaf, begitupun harapan saya sebaliknya.

Buat Sobat semua, mohon maaf bila saya punya salah-salah kata. Maklum saya adalah manusia biasa yang tidak luput dari salah dan dosa. Orang bilang, manusia adalah tempatnya salah dan dosa dan sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang selalu bertobat.

Marilah kita semua perbaiki dan luruskan niat kita seperti pada lafaz niat “lillahita’ala” yang aratinya “karena Allah Ta’ala“. Puasa adalah bentuk ibadah yang langsung diterima oleh Allah Swt. itu berati puasa sangat besar nilainya di sisi Allah. Bukankah kita hidup di dunia hanya untuk bertemu dengan Allah di akhirat kelak dan sekaligus mendapat ridha-Nya? Maka puasalah wadah yang disediakan oleh Allah untuk mendapatkan semua itu. Jangan lupa mari kita isi Ramadhan kali ini dengan ibadah-ibadah yang banyak seperti sholat taraweh, tadarus sampe khatam, dll.
Baiklah, untuk memulai berpuasa, lafazkan niat dengan hati yang tulus hanya untuk Allah Swt seperti di bawah ini:
(Nawaitu shauma godhin ‘an adaai fardhi syahri ramadhaani haadzihis sanati lillahi ta’aalaa)
Artinya: “Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini karena Allah Ta’ala “
 
Pada malam pertama puasa hendaknya di tambah kalimat “kullihi” (artinya: sekaliannya) sebelum kalimat “lillahita’ala”. Dengan menambahkan kalimat tersebut maka berarti kita bermaksud berniat untuk berpuasa sebulan penuh. Menurut Mazhab Syafi’i, apabila kita sudah melafazkan niat untuk sebulan penuh, maka seandainya kita lupa niat pada malam-malam sepanjang bulan ramadhan, maka puasa kita tetap sah.

 
Do’a berbuka puasa 1:
 اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ اَفْطَرْتُ
(Allahumma lakasumtu wabika amantu wa’ala rizqika afthortu)

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa)”.

Lebih bagus lagi ditambah “birahmatika ya arhamarrohimin” yang artinya “dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih

Do’a berbuka Puasa 2:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَ الل
(Dzahabazh zhaama-u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah)

Artinya: “Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala akan tetap, insya Allah”. 

Semoga puasa kita tunai sebulan penuh. Amiiin…

body {
background: #000 url(http://1.bp.blogspot.com/-tSw9KIdK94Q/TjdtPBin0vI/AAAAAAAABA0/eRMkucDXWz0/s1600/Masjid.jpeg) repeat-x;}

Marhaban Yaa Ramadhan 1432 H | Si Boy | 4.5
Leave a Reply