Skor Indonesia VS Turkmenistan

By | July 28, 2011

Indonesia VS Turkmenistan (Pra Piala Dunia). Gelora Bung Karno (GBK) benar-benar menggelora. Duet Gonzales dan Boaz (Bomber Timnas) sangat memukau. Gonzales berhasil meng-goal-kan 2 bola ke gawang Turkmensitan dan 1 goal oleh Nasuha pada babak pertama.

Keluhan!
Suporter fanatik wajib baca! Karena suporter lain merasa terganggu karena supportnya yang berlebihan dan cenderung merusak.

Hati yang lagi dongkol sama suporter yang “main” kembang api berlebihan sehingga menimbulkan kabut asap di stadiun sehingga sangat merusak pemandangan akhirnya kembali cerah.  heheh.. Suporter kayak gini nih yang ga punya aturan. Masak stadiun kayak kebakaran. Malu dong bila ditonton seluruh dunia. Ngeliat bola di staduin orang cerah dan bersih. Nah di Stadiun kita kayak “kebakaran”. Coba kalau di stadiun negara orang kayak gitu, terus Tim Garuda kita KALAH pasti suporter kita protes “curanglah, asaplah, bikin pemain kita sakit matalah, dll“. T E R L A L U! Suporter yang tidak bertanggung jawab dan tidak punya aturan yang membuat kemenangan Timnas sedikit CACAD. Ups.. sedikit emosi gara-gara suporter. Pengaruh berita di TV di mana-mana suporter selalu bikin masalah, keributan dan merusak.
Maaf, paragraf ini saya coret, untuk menghormati teman-teman saya yang bela-belain ngasih SMS memberi saran supaya tulisan yang ini dicoret saja karena tidak mewakili keseluruhan jenis suport yang sebenarnya. Tetapi untuk klasifikasi Suporter Putih dan Hitam, tetap saya tulis kembali di sini:

Suporter Putih VS Suporter Hitam

Kembali ke laptop!

Disertai ketegangan karena Turkmenistan sempat mengejar skor 3:0 menjadi 4:3 pada babak ke-2 yang dihasilkan oleh Ridwan. Sampai akhir pertandingan, keteganga terus berlanjut karena Indonesia beberapa kali gagal memasukkan bola ke gawang lawan. 
Akhirnya peluit tanda selesai pun perbunyi.. priiit prittt prittt… tegang pun sirna dengan kemenangan Indonesia 4:3… hehehe.. mantaf… Walaupun dengan kemenangan tipis, Tim Garuda berhasil masuk babak berikutnya.. Melawan siapa lagi ya? Kabarnya akan melawan Jepang? Benarkah? Kalau betul, harus diingat, Jepang adalah langganan piala dunia dari Asia. Semoga belum ketemu Jepang… nanti aja.. 😀

N/B: Saya adalah suporter biasa-biasa saja. Kalau Timnas main, barulah saya “sibuk”. Kalau misalnya KALAH, ya sudah, berarti latihan lagi. Saya sering kaloi bemasalah sama suporter-suporter bola Indonesia. Karena sering bikin rusuh sehingga selera saya sama pertandingan-pertandingan bola di Indonesia sering kali hilang. Belum lagi kalau mendengar yang namanya PSSI, langsung saya kasih jempol terbalik. Semoga semuanya cepat berbenah, baik PSSI, Timnas/Club, maupun suporter.

Kalau ditanya club apa yang paling saya sukai di Indonesia? Jawabnya yaitu Serriwijaya FC Palembang dan Persipura Jayapura. Kenapa? ya iyalah karena kedua club tersebut masuk jajaran 350 rangking club sepakbola seluruh dunia menurut IFFHS (Federasi Sejarah dan Statistik Sepakbola Internasional). Sriwijaya FC Palembang rangking 221 dan Persipura Jayapura rangking 332.

Silakan berkomentar, karena semua orang berhak mengeluarkan pendapat, tapi No SARA dan kata-kata yang tidak sopan. Komentar yang mengandung SARA dan kata-kata kotor tidak akan di-publish. Tunjukan kalau Anda-anda adalah suporter yang berkelas.

Baca juga Suporter Putih VS Suporter Hitam

46 thoughts on “Skor Indonesia VS Turkmenistan

  1. Tri

    lebay.. suporter dadakan..
    datang ke stadion ikutin aturan suporter.. mau nikmat nonton silahkan datang ke bioskop.

    Reply
  2. Reza Jakantor Community

    anda supporter dadakan ya?? kasihan coba pelajari lagi deh sepakbola tradisional seprti di Italia Inggris kuno, Eropa Timur, dan Amerika Latin…

    oiya coba anda cari2 lagi kata2 pyro di google supaya wawasan anda makin luas.

    mungkin saat anda ke stadion Kami (yang anda sebut norak tanpa aturan) sudah kali keseribu beli tiket ke Stadion.

    Salam,
    Supporter Sejati

    Reply
  3. Suporter Putih

    setuju!!!! goblok kalau ada yg bilang suporter sejati harus yg merusak2 dan menggangu orang lain, kampungan!!.. Kalau mash seperti itu, dijamin.. sepak bola Indonesia tdk akan pernah maju!! Belajarlah dari suporter eropa.. teratur.. dan berkelas…

    Reply
  4. Cory Senjaya's Blog

    iya ya, malu-maluin aja… suporter urakan itu namanya.
    Kita sebagai blogger sejati kalo nonton pertandingan apapun jangan kek gitu yak! (apa hubungannya blogger sama disiplin di stadion? =_=a)
    btw, sedih juga liat wajah2 pemain Turkmenistan, semoga mereka bisa sukses di bidang yang lain. (karunyaan)

    Reply
  5. Horier

    sayang, kelemahan indonesia dari dulu pasti pada menit akhir babak II sudah loyo gag bisa jaga serangan lawan..ohh iy mas aris, aku minta link artikelnya mas yg buat cara di approve GA dulu itu lho

    aku buka sitemapnya ini berat soalnya, maklum modemnya lelet

    Reply
  6. DODZ COBENZ

    mas boy…inilah SEPAK BOLA..dengan asap kita membuat semangat pemain menjadi bergelora..hal hal yg kaya gini udah biasa di dunia sepak bola..lagian kalo gag menarik kenapa kita mendapat mayoritas applause dr suporter ASIA..suporter karbitan aja dah belagu

    Reply
  7. curve crew

    beuhh, jarang ke stadion yes ? tim lawan aja fine2 aja tuh, bahkan antusias terhadap suporter kita. ultras nippon aja pengen banget ngerasain hadir di gbk.

    anda ingat final aff cup 2010 di gbk kemarin ? tribun mana yg kampungan ngelempar lempar botol apakah dari tribun curve(tribun sakral di stadion) ?

    silakan anda ingat sendiri jika anda hadir waktu itu.

    Reply
  8. Catatan si Boy

    melihat komentar2 yg masuk di sini, kelihatannya memang ada 2 jenis supporter, SUPORTER PUTIH dan SUPORTER HITAM.

    suporter hitam itu pasti yg suka merusak2 ketika melewati pemukina warga itu ya??

    Kampungan…

    Reply
  9. Jos

    lu kebanyakan ntn di tivi sih y jdnye pikiran lu sempit n goblok

    Reply
  10. DODZ COBENZ

    saya pikir penulis ini gag mengerti sama sekali tentang fungsi suporter..

    saya yakin typical penulis adalah suporter dadakan yang datang ke stadion dengan tas berisi makanan ringan banyak beserta aneka soft drink, dengan atribut yang di beli langsung saat menonton pertandingan..

    bener khan ??

    dah jujur aja bray

    Reply
  11. Catatan si Boy

    hahah.. sya kan sudah bilang tulisan bahwa saya suporter biasa2 saja. Jadi begitulah pandangan setiap suporter lain yg biasa2 saja terhadap suporter yg mencerminkan kerusakan dan mengganggu…kenapa sih harus menggangu penonton dan supprter yg lain??? memangnya cuma kalian yg bayar tiket??? memamngnya cuma kalian yg mau menikmati tontonan?

    makanya sy tulis ini supaya suporter yg bergaya menghancur itu tau diri bahwa yg nonton bukan cuma kalian… begitu brow…

    Reply
  12. DODZ COBENZ

    aneh nih bilang kita suporter hitam..!!

    mas boy makanya klo nonton bola dibiasakan nonton di stadion sama suporter bukan nonton sama penghuni taman lawang di semak semak..

    Reply
  13. Anonymous

    owh jadi ada suporter naturalisasi juga yes ?
    suporter hitam ( naturalisasi dari suporter zimbabwe) wkwkwk…. lucu lucu 😀

    Reply
  14. DODZ COBENZ

    ups jgn panggil saya brow..

    karena saya bukan sejenis anda..Hueek

    memang bukan kami saja yg nonton, tp kami lebih lama berada disitu dari pada kalian yang mengaku suporter tp gag terbiasa dengan kehidupan suporter !!

    datang disaat Garuda terbang tinggi…

    liat TV disaat Garuda terbang rendah..

    hoaaaaaaaaaaaaxxx

    Reply
  15. Catatan si Boy

    @Dode: hey, Brow itu artinya Dahi kali, kamu kira Bro/brother itu ya??.. sapa yg mau sodara sama loe.. najis… Jadi kamu itu yg dahinya licin… hahahy

    haha.. pasti kamu ini salah satu suporter yg biasa naik kereta api sambil merusak pemukina m=warga itu ya??? kasian…

    Reply
  16. DODZ COBENZ

    walah..mas boy kalo marah lucu juga ya..

    itu bedak jadi luntur karena emosi..

    gw naik kereta tp bayar boy..

    inilah suporter bukan pekerja salon seperti ente 😛

    Reply
  17. DODZ COBENZ

    ada 2 jenis suporter

    1. suporter yang selalu memberi semangat kepada TIM dengan cara apapun agar TIM termotivasi menang.

    2. suporter Alay & narsis yang dateng ke stadion dengan mencari sensasi seakan akan memberi support untuk TIM padahal cuma untuk eksis.

    boy..lu masuk ke kategori mana ??

    Reply
  18. indra1082

    sebelum anda posting ada baiknya anda mengenal seluk beluk dan jenis2 suporter mas, mungkin salah satu tingkatan itu ada dalam diri suporter Indonesia. gak semua yg dilakukan suporter itu rusuh, tapi ada juga yg justru disukai pemain untuk pembangkit semangat 🙂 trimakasih
    http://archive.kaskus.us/thread/4256503

    Reply
  19. Catatan si Boy

    @DODZ COBENZ: hahay.. saya marah kok ketawa ya?? Lagian sy puasa dude. Kayakxa kebalik nih siapa yg marah… Kamu dahi licin kok sensitif ya?? hahay lucu..
    Sorry mas, org kalimantan ga ada yg jadi pekerja salon… kbanyakan yg jadi pekerja salon itu pendatang dari luar kalimantan…

    Reply
  20. Catatan si Boy

    @indra1082: say sangat setuju untuk membangkit semangat karena tujuan suporter memang untuk nitu, tp ga harus menggangu kan???

    Reply
  21. Greget

    betul apa yg kata ma Boy katakan, saya nontin di TV juga terganggu, layarnya berubah jadi putih, para pemain tdk kelihatan.. memangnya timnas cuma punya suporter??? kami yg tdk ke stadiun juga butuh hiburan…

    Reply
  22. bee ant Jakjapan

    woy mas bro yg nulis,..klo situ ga tau apa2 ga sah pake bawa2 suporter hitam atau putih lah

    kalo situ suporter bola,..klo dukung cuma timnas doang mah namanya suporter dadakan

    kalo situ pernah ke GBK ga,..kalo belom ga sah pake komen ,,,kasian tipi lu berasep ya

    nonton lah ke GBK ,..atau situ ga pernah nonton liga eropa yaa,..liat suporternya kaya apa

    Reply
  23. facebook

    kayak SEO aja, ada istilah black hat dan whit ehat SEO.. hehe.. tapi apapun itu, saya suka yg putih-putih.. lebih enak dipandang…

    Reply
  24. Tri

    suporter putih…?????
    anda bilang suporter eropa nonton dengan duduk manis?? saya kasih contoh 1 link http://www.youtube.com/watch?v=SYG0EidbvB0
    berikut suporter argentina http://www.youtube.com/watch?v=EoZKj5VKOo0&feature=fvwrel
    berikut suporter croatia http://www.youtube.com/watch?v=WBljJf00n6o&feature=related
    berikut suporter turki http://www.youtube.com/watch?v=qLXL4nw2vCg&feature=related
    berikut suporter indonesia http://www.youtube.com/watch?v=GTIO5iCXzio

    Silahkan anda pelajari seluk beluk suporter sebelum membuat tulisan dan anda posting ke blog anda.

    Reply
  25. Anonymous

    itulah cara kami dalam mendukung tim yg kami dukung..nyanyian.kibaran bendera besar. sampai menyalakan RF(bukan petasan)..itu semua kami lagukan tidak lain tidak bukan hanya untuk membakar semangat skuad garuda dilapangan..jika anda merasa terganggu dengan adanya RF maka anda akan terus terganngu sampai kapanpun..karna kami tidak akan pernah berhenti memberi dukungan dengan cara kami sendiri..marilah berfikir terbuka..ambil nilai positif dari setiap dukungan kami..
    Pelatih Turkmenistan, Hojageldiyev Yazguly secara khusus menilai kemenangan Indonesia tidak lepas dari dukungan supporternya, menurutnya dengan dukungan mereka (supporter Indonesia), Indonesia seperti bermain dengan 12 orang, “Supporter mereka luar biasa dan berhasil menjadi pemain ke-12 di lapangan bagi tim Indonesia” demikian statement Yazguly di sesi Press Conference pasca pertandingan ini, boleh jadi atmosfir stadion sedikit banyak turut juga mempengaruhi “fighting spirit” para pemain Tim Nasional Indonesia dan membuyarkan konsentrasi para pemain Turkmenistan, pada akhirnya kibaran bendera, teriakan, nyanyian, atraksi koreografi serta asap dari suar & bom asap di tribun selatan & utara di SUGBK malam itu telah terbukti ampuh membangun atmosfir stadion sebagai kolaburasi massal untuk memberikan dukungan bagi Tim Nasional Indonesia dibandingkan hanya duduk manis di stadion menyaksikan laga bela negara yang sarat akan emosi ini.. 😀

    Reply
  26. CS Palembang

    Setujuu,ada RF..bikin semangattt..pengalaman pas nonton..pas gol..ada RF menyala terang..kadang ampe merinding..jd tmbah semangat…apalagi di tambah kibaran bendera..tambah keren..segala sesuau ada positif negatif..tergantung mau yg mana kita ambil..kl di buang ke lapangan,atau di lempar ke muka orang,,ya jelass bahaya..suporter menurut sy jiwa perjuangan didalam setadionnya…menurut sy anda penulis belum bisa dikatakan suporter…

    Reply
  27. Catatan si Boy

    Hahaha… semua yg link yg saya lihat semua menggambarkan kebrutalan. Kebrutalan adalah melanggar hukum. Kenapa harus mencontoh sesuatu yg tidak baik? Ambil yg baik saja agan-agan.

    kalau memang aturan dalam mensuport itu seperti yg agan bilang, wah… angkat tangan dah, suporter hitam telah mengadopsi sesuatu yg buruk…

    Wait! tulisan sy di atas jelas, bahwa yg jadi masalah adalah "suporter yg merusak dan mengganggu". Selama cara support kalian tdk mengganggu dan merusak, tidak akan ada yg mempermasalahkan. Ironis sekali masih ada yg mendukung sesuatu yg merusak dan menggagu.

    Ingat, suporter tidak hanya kalian, begitu banyak supporter yg ada di stadiun, hitam maupun putih. Jangan terlalu ge er bahwa cara support kalian membuat tim merasa nyaman. Jangan2 malah mengganggu.

    Setiap supporter mempunyai hak. suporter hitam berhak melakukan caranya tetapi dibatasi oleh hak dari suporter putih.

    Kadang sy merasa lucu melihat cara support yg berlebihan, yyg didukung jadi kaya raya, tp suporternya dapat apa ya??? lelahnya doank + sampe ada yg sampe tewas…

    Satu lagi, saya tidak setuju kalau mensuporti itu harus dengan segala cara. saya garisbawahi "dengan segala cara". Wah, kalau ini jadi budaya, lama-lama budaya tidak sportif akan merajai. Padahal slogan olah raga selalu mendengungkan sportifitas.

    Reply
  28. Anonymous

    "Kadang sy merasa lucu melihat cara support yg berlebihan, yyg didukung jadi kaya raya, tp suporternya dapat apa ya??? lelahnya doank + sampe ada yg sampe tewas…"
    tolong anda lebih dewasa dalam menilai…anda seharusnya memahami arti kata loyalitas dan cinta..bagi anda mungkin team/club bola hanya sekedar trendy saja..lagi trendy bola timnas anda ikut2an..lagi trendy sinetron anda ikut2an menonton juga..kita bisa liat di malang yang masih dinegara kita..apabila arema/persija main 90% masyarakatnya menonton baik langsung(stadion) maupun dilayar kaca..sepakbola sudah menjadi agama ke 2 disana..mungkin beda dengan dikalimantan ya..sepakbola masih menjadi hobi saja..jadi sebelum membuat statement tolong dimengerti apa arti loyalitas dan cinta..jangan2 apabila Indonesia berperang(jangan sampai terjadi) anda melihat para sukarelawan "hanya" sekumpulan manusia lucu yang mau atau rela mati..padahal yang menang ga dpaet apa2..yang kalah malah matie..

    Reply
  29. Samarinda FC

    wAH, ternyata sedang ada yg perang komen di bulan Ramadhan.. heheh..

    Mas Anonymous, komentar Anda di atas terlalu lebay,
    Loyalitas semua pada tempatnya, kalau untuk perang dibandingakan dengan suport bola kayaknya jauh banget mas… ga bisa disamain. kalau kalah perang, kita ditindas, jd otomatis harus menang… dan bola, apapun bentuknya tetap lah sebuah permainan.

    Apalagi katanya di malang sudah jadi Agama baru. Naudzubillah,

    LEBAY!!!!!

    Reply
  30. Pusa

    Wah saya liat di posting sebelah anda org kalimantan y masboy…klo boleh tau kalimantan sebelah mana ..salam dari kami pusamania…suporter persisam putra samarinda…klo mo liat profil dikaskus juga ada kok http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7511430 …kpn2 klo ada waktu ikut suport persisam juga dong …nonton langsung bersama kami..sekalian anda bs jelaskan yang menurut anda hitam atau putih itu seperti apa..thanks salam

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *