Tool Untuk Memonitor Situs

By On Friday, July 22nd, 2011 Categories : Serba-Serbi
Taraaa… Saya mau berbagi hasil baca saya di artikel gratis berbahasa Inggris, sekalian menyematkan link-link yang menurut saya penting buat saya. Jadi saya tulis lagi artikel ini dalam bentuk bahasa kita tercinta, Bahasa Indonesia.
Baiklah! Let’s go on…
Jika kita berfikir bahwa menempatkan website kita di internet cukup dengan meletakkan keyword-keyword yang tepat atau tindakan-tindakan “tertentu” yang kita anggap sudah bagus untuk blog kita, kemudian kita berharap traffic dan peringkatnya akan tetap bagus dan konsisten, maka itu adalah SALAH. Kita harus terus memantau perkembangannya.
Sebagai sebuah situs, wajar traffic dan peringkat akan selalu berubah-ubah karena begitu banyak persaingan di dunia maya. Apalagi banyak situs-situs yang ranking-nya tinggi. Untuk itu kita harus melacak sendiri apa yang terjadi dengan blog kita, misalnya melacak link yang rusak, melacak backlink (yah.. ini mah udah basi.. Biarin!), bahkan melacak iklan-iklan google adsense yang muncul pada situs tertentu, dan banyak lagi yang lainnya. Pada akhirnya, apabila kita sudah mengetahui masalah apa yang ada situs kita, maka bolehlah melakukan tidakan selanjutnya.
Nah, untuk itu di bawah ini saya punya koleksi beberapa link yang bisa digunakan untuk melakukan beberapa pelacakan. Baca baik-baik dulu gan:
1. Untuk melihat Link Rusak (Broken Link), baik situs kita sendiri maupun situs orang lain. Pake Webmaster tool juga bisa sih.. heheh..
http://home.snafu.de/tilman/xenulink.html
2. Tool untuk mengecek Backlink
http://www.digitalpoint.com/tools/backlinks
3. Kadang-kadang penting untuk kita mengetahui di mana server dari perusahaan hosting yang kita gunakan berlokasi. Karena, beberapa Search Engine seperti misalanya Google memiliki kemampuan untuk menyaring hasil pencarian berdasarkan lokasi yang disebut penargetan geografis (geotargeting). Ini dapat digunakan untuk mengetahui mengapa situs kita ditampilkan hanya di negara tertentu. Link ini juga dapat digunakan untuk meneliti lokasi negara website pesaing.
http://www.digitalpoint.com/tools/website-country
4. Ini situs untuk melacak lokasi pengunjung situs Anda:
http://www.digitalpoint.com/tools/geovisitors
5. Situs untuk memeriksa PageRank Yahoo!, tapi situs ini sudah tidak bisa dignakan karena Yahoo sudah tidak melakukan perengkingan seperti halnya Google.
http://www.digitalpoint.com/tools/webrank
6. Berikut ini adalah link untuk memeriksa PageRank situs ayng menggunakan Mac atau komputer Apple. Tapi ini juga sudah tidak bisa dipakai. Namun Anda bisa saja masuk link ini dulu, nanti akan diberi petunjuk bagaimana solusinya.
http://www.digitalpoint.com/tools/pagerank-mac
7. Bagi para penggila Google Adsense, link di bawah ini bisa memberikan Anda grafik dan laporan yang akan membantu Anda menganalisis traffic, klik, dan hasil dari iklan AdSense Anda
http://www.digitalpoint.com/tools/adsense-charts
8. Ini juga bagi para pengguna Google AdSense, Anda dapat menganalisis alamat situs Anda atau alamat situs orang lain untuk melihat apa iklan Google yang akan ditampilkan apabila kita memilih situs tertentu atau keyword tertentu:
http://www.digitalpoint.com/tools/adsense-sandbox
9. Link ini akan membawa Anda ke jaringan iklan kooperatif, di mana Anda dapat bergabung untuk menampilkan dan berbagi iklan Anda dengan pemilik website lain:
http://www.digitalpoint.com/tools/ad-network
10. Anda dapat menambahkan Fungsi Pencarian Google. Ini hanya akan bekerja jika situs Anda terdaftar di Index Google.
http://www.digitalpoint.com/tools/search
11. Berikut adalah beberapa link ke counter website gratis yang dapat Anda gunakan pada situs Anda untuk melacak traffic dan hits:
http://www.digitalpoint.com/tools/counter
http://www.amazingcounters.com/?ref=gad033
http://www.cyber-counter.com/signup.php
http://www.statcounter.com/free_hit_counter.html
http://www.free-counters.net
Mmmm… Saya sendiri belum sepenuhnya mencoba link-link yang dishare itu. Untuk digitalpoint.com, kita terlebih dahulu harus jadi member, dan saya sendiri sudah jadi member. Jadi silakan Register sekarang. :). Atau bisa juga cari sendiri situs yang tanpa harus jadi member (kalau merasa ribet dan ADA). 
Yang paling saya suka dari digitalpoint.com adalah forum, tool, dan artikel-artikel yang ada di sana. Bisa ikutan nyimak tentang google adsense, Analytics, G+, optimasi SEO dan lain-lain, pokoknya lengkap dah. Tentunya Sharing sama master-master blogger dunia gitu loh… (kok malah jadi kayak promo?)
Maaf ya bloggerwan/wati, ini kayak buang hajat saja, saya sendiri belum nyoba itu link-link… silakan oprek sendiri. Saya masih belum punya waktu oprek, dan sekarang cuma bisa sekedar nyimak forum dan tulisan-tulisan di sana. 
N/B: Link-link di atas cuma contoh-contoh link yang bisa digunakan untuk melacak poin-poin yang dimaksud. Jadi yang terpenting sebenarnya adalah mengetahui poin-poin itu sendiri, bukan link-nya, karena link yang sejenis tersedia banyak di dunia maya dan bisa dicari dengan google. Apabila kita sudah mengetahui poin-poin di atas, artinya kita sudah mengetahui apa yang akan kita lakukan buat kemajuan situs kita.

Maksudnya begini, kalau Sobat sudah tahu poinnya, tinggal nyari deh di search engine dengan keyword misalnya “Cara cek broken link“, “cara melihat backlink“, atau “cara melacak lokasi pengunjung situs“, dll. UNDERSTAND???

Tool Untuk Memonitor Situs | Si Boy | 4.5
Leave a Reply