Suporter Putih VS Suporter Hitam

By On Friday, August 5th, 2011 Categories : Serba-Serbi
Suporter Putih VS Suporter Hitam Sepak Bola Indonesia. Menanggapi banyak komentar tentang Suporter Putih dan Suporter Hitam dalam postingan Skor Indonesia VS Turkmenistan beberapa waktu yang lalu, jadi saya tulis lagi tentang Suporter Putih VS Suporter Hitam Sepak Bola Indonesia. Mungkin anda baru dengar istilah ini. Anda cari di Search Engine manapun tidak akan ketemu yang namanya “Suporter Putih atau Suporter Hitam“. Suporter Hitam adalah suporter yang memberikan dukungannya secara berlebihan sehingga terkesan brutal. Sedangkan Suporter Putih memberikan dukungannya dengan cara sewajarnya saja sehingga terkesan aman namun tetap membangkitkan semangat. Anda jangan terpengaruh oleh warna hitam dan putih, itu cuma simbol pembagian jenis. Kenapa? Karena tidak sedikit yang marah karena dikategorikan sebagai Suporter Hitam. Nggak enak banget bunyinya kalau saya sebut Suporter Abu-Abu VS Suporter Biru Langit.

Kedua jenis suporter mendukung dengan carannya masing-masing tetapi tetap mempunyai satu tujuan yaitu kemenangan tim yang di dukung. Sepak terjang Suporter Hitam memang kadang menggangu, tidak terkecuali di stadiun maupun di luar lapangan. Saran saya yang punya penyakit bengek jangan sampe salah memilih tempat duduk. Bila perlu cari yang VVIP. Selain itu, tidak jarang suporter jenis ini tiba-tiba ikut bermain di lapangan karena timnya kalah dan bahkan bisa melakukan aksi pemukulan terhadap wasit dan pemain itu sendiri. Seringkali suporter hitam mengadopsi cara supporter eropa yang buruk, padahal seharusnya ambil yang baik, tinggalkan yang buruk. Sedangkan untuk Suporter Putih, cenderung terkesan sportif. Mereka mendukung juga dengan teriakan, terompet, drum dsb tetapi tidak sampai pada tahap mengganggu apalagi tawuran.

Ok, kita mulai dari ciri-ciri Suporter Hitam:
1. Terkesan brutal
2. Sering menelan korban jiwa
3. Fanatisme berlebihan sehingga malah berdampak negatif
4. Tiba-tiba bisa menjadi “pemain cadangan”
5. Tidak jarang memukul pemain karena kalah
6. Wasit dan pelatih juga tidak jarang jadi korban
7. Tidak jarang sampe masuk penjara
8. Fasilitas umum sering dirusak sampai mengalami kerugian ratusan juta.
9. Hampir semua di kelas tiket biasa
10. Tujuan: Supaya tim menang
Ciri-ciri Suporter Putih:
1. Tidak neko-neko
2. Hampir tidak ada korban jiwa
3. Semua dukungan berdampak positif
4. Lebih terkesan Sportif
5. Tidak pernah terjadi tawuran
6. Untuk menghindari ketidaknyamanan, terpaksa selalu beli tiket minimal VIP
7. Sering lebih baik nonton dari TV karena tiket VIP sudah habis. (Daripada gabung bersama suporter hitam)
8. Aman, damai dan tentram,
8. Tujuan: Supaya tim menang
dan banyak lagi ciri-ciri lainnya yang tidak baik untuk ditulis di sini. 
Jujur saja, dulu saya sempat ogah nonton bola Indonesia akibat kesan yang tidak baik dan  kampungan para suporter yang tidak sportif, kerusuhan, pemukulan, pengrusakan dan bahkan permusuhan dengan warga. Sehingga akhirnya berdampak ke dukungan saya dan teman-teman ke Tim/Club negeri kita semakin memburuk. Puncaknya setelah adanya kasus WO timnas Libya pada piala Kemerdekaan yaitu adanya pemukulan dan ancaman terhadap pelatih dan timnas Libya (simpang siur siapa yang memukul, bisa pelatih Indonesia atau suporter) sehingga Libya tidak mau memasuki lapangan padahal waktu itu Libya menang 1:0 babak pertama. Indonesia menang, tapi tidak ada kebanggaan di diri saya sedikitpun.

Saya sangat tidak setuju apabila ada yang mengatakan “memberkan dukungan dengan cara apapun”. Karena itu terkesan mengahalkan segala cara dan mengurangi nilai sportifitas yang selalu didengungkan. Jadilah suporter yang sportif.

Saya like this sama komentar salah satu kaskuser “Negara lain mana yang berani bertandang ke Indonesia? Manchester United pasti kalah kalo melawan timnas Indonesia, karena kepala Alex Ferguson terancam dipukulin, jadi lebih bagus mengaku kalah saja…..”


Hayo! Pilih mana? Suporter Hitam atau Putih?

Yang merasa menjadi bagian dari kategori Hitam jangan marah, karena saya sendiri tidak pernah menyebutkan siapa-siapa yang masuk ke dalamnya kecuali Anda merasa sendiri termasuk ke dalam ciri-ciri suporter hitam di atas.

Seperti inikah yang patut dicontoh?
Postingan ini tidak lain dan tidak bukan berniat untuk kemajuan sepak bola Indonesia tentunya, walaupun saya tahu pasti akan ada pendapat lain yang berbeda. Siapa tahu di kemudian hari Indonesia bisa memecahkan rekor dunia mempunyai Suporter Terdisiplin Se-dunia. Semua ciri-ciri di atas adalah hasil bacaan, tontonan, berita, dan googling saya. Peace!

Silakan berkomentar, karena semua orang berhak mengeluarkan pendapat, tapi No SARA dan kata-kata yang tidak sopan. Komentar yang mengandung SARA dan kata-kata kotor tidak akan di-publish. Tunjukan kalau Anda-anda adalah suporter yang berkelas.

body {
background: #000 url(http://2.bp.blogspot.com/-XWyq8VVM22Q/TjvggcBul1I/AAAAAAAABBg/7NBDBs8qhM0/s1600/Sepak+Bola.jpg) repeat-x;}

Suporter Putih VS Suporter Hitam | Si Boy | 4.5
Leave a Reply