Makna Simbol Pelangi Para LGBT

By On Saturday, February 13th, 2016 Categories : Serba-Serbi
Apa itu LGBT ? Akhir-akhir ini tengah heboh dengan istilah LGBT sampai-sampai dibilang bisa menular, mungkin ada yang bilang ini suatu penyakit karena menular, entahlah. Namun apa sih LGBT itu? dan apa arti avatar pelangi yang serign ada dimedia sosial ? kita akan bahas tentang apa itu LGBT disini.
Makna Simbol Pelangi Para LGBT

LGBT Singkatan dari [Leesbiaan, Gaaayy, Biiseexuual, dan Traansgeender] adanya sebuah publikasi yang disebar secara viral melalui media sosial, Komunitas layanan bimbingan dan konseling ini bernama Support Group and Resource Center on Seexxualiity Studies atau SGRC.
– Ternyata foto bernuansa pelangi yang ramai digunakan oleh netizen belakangan ini berhubungan erat dengan kaum LGBT, Pastikan kamu paham betul akan hal tersebut sebelum memutuskan untuk ikut-ikutan menggunakan atribut khas tersebut, baiklah! masalahnya ada beredar sebuah aplikasi pengubah tampilan foto profil menjadi dengan avatar berwarna-warni seperti pelangi.

Leessbiian merupakan perempuan yang memiliki ketertarikan seksual kepada sesama perempuan, gay adalah laki-laki yang memiliki ketertarikan seksual kepada laki-laki, sementara biseksual bisa tertarik pada perempuan maupun laki-laki. Sementara itu, transgender merujuk pada kelompok yang memilih untuk mengganti gender mereka dari laki-laki ke perempuan ataupun sebaliknya, secara sosial maupun secara fisik. Keempat kelompok tersebut mewakili komunitas bersama yang disebut LGBT.
Bendera atau atribut pelangi sudah digunakan oleh komunitas LGBT sebagai lambang mereka sejak tahun 1970an. Lambang tersebut pertama kali digunakan dalam parade kebebasan gay di San Fransisco, Amerika Serikat. Sampai sekarang, warna pelangi digunakan di seluruh dunia sebagai lambang kebebasan dan kebanggaan kaum LGBT.
Momentum Bersejarah Komunitas LGBT
Lantas, kenapa baru sekarang warga internet heboh menggunakan simbol itu di profil picture ataupun post mereka di media sosial? Hal ini berhubungan dengan momen bersejarah bagi kaum LGBT yang terjadi pada tahun ini di Amerika Serikat. Seperti sebagian besar negara lainnya di dunia, awalnya Amerika Serikat hanya mengenal pernikahan antara laki-laki dan perempuan. Dengan kata lain, mereka yang memiliki orientasi seksual berbeda dari itu, seperti halnya kaum LGBT, tidak dapat disahkan pernikahannya.
Namun pada tanggal 26 Juni 2015, Mahkhamah Agung Amerika Serikat akhirnya memutuskan untuk melakukan legalisasi atau mensahkan secara hukum perkawinan antara kaum LGBT. Dari sembilan orang hakim, 5 orang setuju sementara 4 orang menolak, sehingga legalisasi tersebut dapat dimenangkan.
Keputusan itu disambut dengan perayaan besar-besaran kaum LGBT maupun mereka yang mendukung kebijakan yang disebut marriage equality ini. Artinya, siapapun memiliki hak yang sama untuk melangsungkan pernikahan, baik mereka yang memiliki orientasi seksual heterogen (tertarik pada lawan jenis), ataupun LGBT.
Sebagai wujud kebahagiaan dan perayaan mereka, bermunculanlah tagar-tagar populer di media sosial seperti #LoveWins, #LoveIsLove, dan tidak kalah para kaum LGBT, banyak tokoh masyarakat, selebriti, dan netizen menunjukkan dukungan mereka dengan posting gambar atau foto bernuansa pelangi, sampai mengganti foto profil media sosial mereka dengan foto bernuansa pelangi. 
Makna Simbol Pelangi Para LGBT | Si Boy | 4.5
Leave a Reply