Sebarkan! 7 Tips Agar Tak Mudah Haus Saat Puasa

By | June 2, 2016
Tips Agar Tak Mudah Haus Saat Puasa
Catatan si Boy – Sebentar lagi umat Islam akan memasuki bulan puasa atau bulan Ramadhan. Puasa tentu tidak makan dan minum. Dalam berpuasa, kendala utama biasanya adalah rasa haus dan dahaga. Untuk itu, air adalah cairan terpenting yang mampu meredakan dahaga Anda setelah berpuasa seharian penuh. Sayangnya, kebanyakan orang tidak mengonsumsi cukup air saat berbuka puasa dan lupa memperbanyak minum air putih hingga kembali berpuasa keesokan harinya.
Perlu diketahui bahwa 60 hingga 70 persen tubuh Anda terdiri dari air dan penurunan asupan air dapat memengaruhi sel-sel dan saraf tubuh menjadi kurang berfungsi dengan baik. Di sinilah letak pentingnya menggantikan asupan air selama berpuasa saat Anda berbuka.
Itu karena dehidrasi mampu mengakibatkan konstipasi, sakit kepala, rasa lelah dan kulit kering.
Anda juga haru mengingat bahwa air memiliki peran penting dalam penurunan mengontrol berat badan, karena air membantu membuah racun-racun dan mengurangi rasa lapar.

Inilah 7 Tips Agar Tak Mudah Haus Saat Puasa

Nah, untuk terhindari dari dehidrasi dan mencegah munculnya rasa haus yang tak tertahankan saat berpuasa, Anda perlu melakukan hal-hal berikut ini, seperti dilansir dari The Hans India.
  1. Minum sedikitnya delapan gelas air setiap hari. Jika Anda berada di luar ruangan ketika cuaca sedang panas-panasnya, Anda akan kehilangan lebih banyak cairan dalam tubuh. Untuk itu, pastikan Anda minum lebih banyak air di malam hari setelah berbuka puasa.
  2. Hindari makanan pedas karena akan meningkatkan rasa haus.
  3. Jangan menggunakan terlalu banyak garam saat memasak makanan untuk berbuka puasa atau sahur. Hindari pula makanan-makanan yang mengandung garam tinggi, seperti gorengan, makanan kalengan atau makanan yang diawetkan karena akan meningkatkan kebutuhan tubuh akan air.
  4. Konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran segar karena mereka kaya akan air dan serat. Buah dan sayur berada di dalam usus dalam waktu yang lama dan mampu mengurangi rasa haus.
  5. Minum jus segar dan hindari jus kemasan yang mengandung kadar gula tinggi.
  6. Usahakan untuk tidak mengonsumsi air dalam kuantitas yang besar sekaligus atau ketika Anda sedang makan.
  7. Perlu diketahui bahwa minum air dingin untuk membatalkan puasa tidak akan meredakan dahaga Anda, melainkan berisiko menyebabkan pembuluh darah berkontrasksi dan mengakibatkan gangguan pencernaan. Untuk itu, pilih mengonsumsi air dalam suhu ruangan atau sedikit dingin saat berbuka puasa.

Demikan 7 Tips Agar Tak Mudah Haus Saat Puasa agar puasa anda di bulan Ramadhan nanti lancar. Semoga bermanfaat!

One thought on “Sebarkan! 7 Tips Agar Tak Mudah Haus Saat Puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *