Sopan Santun dalam Postingan, Status, Berkomentar di Media Sosial

By On Thursday, July 14th, 2016 Categories : Artikel

Sopan Santun dalam Postingan, Status, Berkomentar di Media SosialCatatan Si Boy – Meskipun akun facebook yang dimiliki adalah milik pribadi dan sesuka hati mau menggunakannya, tapi tetap harus punya SOPAN SANTUN dalam menggunakannya, apalagi dalam berkomentar, kalau tidak mau berujung ‘perang’. Ketika anda nimbrung berkomentar di status/opini orang lain, fahami bahwa anda sudah masuk wilayah orang lain.

Dalam mengomentari opini orang lain, apalagi pada opini yg sifatnya serius, gunakan bahasa yg sopan. kalau tidak bisa menggunakan bahasa yang baik, sebaiknya tidak ikut berkomentar.

Inilah beberapa Tata Cara/Tata Krama atau Sopan Santun dalam Berkomentar/ postingan/ status di Media Sosial (misal: Facebook):

1. Memahami yang dilarang dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) BAB VII pasal 27 ayat satu sampai empat dan pasal 28

Nah, ini bagian yg paling penting! atau anda bisa2 masuk penjara.

Kesusilaan,Perjudian,Penghinaan dan/atau Pencemaran nama baik,Pemerasan dan/atau Pengancaman,Hoax atau berita bohong juga masalah suku,agama,ras dan antar golongan (SARA).

2. Update Status
Jangan beberkan segala permasalahan yang ada pada diri kita karena tidak semua orang ingin tahu permasalahan pribadi orang lain, akan tetapi biasakan update sesuatu yang bermanfaat,menjalin Silaturahmi dan jangan sungkan diawali dengan salam,mencari solusi dengan diskusi (Advice), atau dengan hal lain yang bermanfaat bagi semua orang.

3. Jangan mudah dan pelit berkomentar atau suka (Like)

Secara sosial manusia butuh perhatian, namun jangan mudah mengomentari atau Like/Suka update status orang lain kalau dirasa tidak begitu penting/bermanfaat, dan jangan sungkan untuk berkomentar atau Suka/Like bila hal tersebut bermanfaat sebagai rasa hormat dan saling menghargai (Apresiasi).

Apabila berkomentar, gunakan bahasa yg baik supaya Anda tidak ‘dibacok’. Ini dunia sosmed, Anda tidak suka dengan opini orang lain, jangan dipersulit, cukup scroll facebook Anda ke bawah dan anda pun tidak akan melihat statusnya lagi. Masih kurang? Cukup unfollow, unfriend atau bahkan blocked.

Jadi, biasakan berkomentar dengan sopan bila ada hal yang tidak setuju, sanggah dengan tidak emosional.

4. Cantumkan sumber resmi

Jangan ragu untuk publikasi segala sesuatu yang bermanfaat (Share), namun biasakan mencantumkan sumber asli dari informasi tersebut dan jangan terlalu cepat mempublikasikan berita tersebut sebelum diperiksa kebenarannya.

5. Menulis dengan ejaan yang disempurnakan (EYD)

Buat kaum alayer nih… Tidak semua pengguna internet faham terhadap bahasa gaul yg anda gunakan, apalgi bagi kaum2 dewasa (tdk tega nyebut “TUA”), sehingga tidak leluasa untuk membaca informasi yang kita berikan, apalagi dengan singkatan yang menyulitkan bahkan membingungkan pembacanya dan hindari penulisan dengan cara 4L4Y? 😀, karena penulisan dengan benar akan lebih tepat sasaran untuk semua kalangan.

Semoga bermanfaat!

Save

Save

Save

Save

Incoming search terms:

|, postingan santun, , sopan santun facebook|
Sopan Santun dalam Postingan, Status, Berkomentar di Media Sosial | Si Boy | 4.5
Leave a Reply