Cara Aman Mengemudi Mobil Perjalanan Jarak Jauh

By On Monday, August 22nd, 2016 Categories : Artikel

arissugianto-net
Pergi keluar kota menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil bisa menghemat biaya perjalanan. Selain hemat, berpegian jauh menggunakan mobil juga bisa membuat anda bebas pergi kemana saja tanpa perlu khawatir memikirkan akomodasi.

Namun mengemudi mobil jarak jauh sangatlah melelahkan dan membutuhkan fisik yang kuat dan . Seringkali banyak kecelakaan mobil akibat kelalaian pengendara mobil yang mengantuk karena kelelahan. Selain fisik, pengemudi mobil juga harus tahu cara mengemudi yang aman saat melakukan perjalanan jauh agar terhindar dari kecelakaan. Berikut cara aman mengemudi mobil perjalanan jauh agar anda selamat sampai tujuan.

  1. Istirahat yang cukup

Mengemudi mobil jarak jauh memerlukan istirahat yang cukup. Jangan memaksakan diri jika badan dirasa sudah mengantuk dan lemas. Kantuk dan lemas sangat mempengaruhi tingkat konsentrasi dalam bekendara. Untuk itu saat berkendara jauh hindari mengonsumsi obat atau minuman yang mengandung efek kantuk. Jika mata anda sudah tak tertahankan lebih baik untuk beristirahat minimal 2 hingga 4 jam agar kondisi badan anda kembali bugar dan bisa melanjutkan perjalanan dengan mata dan tubuh yang segar.

  1. Periksa Kendaraan Anda

Sebelum anda pergi jauh dengan menggunakan mobil. Baiknya periksa kondisi kendaraan anda baik dari luar dan dari dalam mesinnya seperti oli, rem, ban, air radiator, dan bagian dalam mobil lainnya. Bawalah mobil anda ke tempat service agar memastikan kendaraan anda layak atau tidak untuk dibawa perjalanan jauh.

  1. Jangan membawa muatan berlebihan

Jangan memaksakan untuk membawa barang atau penumpang lebih dari yang ditentukan terlebih jika mobil yang anda bawa tidah cukup untuk membawa penumpang lebih dari 7 orang sebab akan sangat membahayakan jika anda membawa mobil dengan kapasitas mobil yang tidak sesuai.

  1. Cari Posisi Duduk Mengemudi Yang Nyaman

Pastikan posisi duduk mengemudi anda sudah nyaman. Anda bisa mengubah posisi tempat duduk, sandaran kepala dan punggung. Posisi duduk juga berpengaruh pada tingkat konsentrasi mengemudi anda. Jangan lupa untuk memastikan spion mobil bagian kanan dan kiri terlihat oleh anda.

  1. Siapkan GPS melalui Ponselmu

Mengemudi jarak jauh juga membutuhkan Global Positioning System. GPS adalah sistem navigasi berbasis satelit yang bisa memudahkanmu untuk mengatahui jalan bahkan tempat peristirahatan, tempat ibadah, tempat pengisian bahan bakar dan fitur lainnya. Kamu bisa menggunakan GPS melalui ponselmu yang sebelumnya diaktifkan paket internet sebab GPS melalui ponsel memerlukan paket data internet. Untuk memastikan agar GPS bisa berjalan dengan optimal isi ulang paket data murah ponselmu di MatahariMall.com.

  1. Mengemudi sesuai aturan

Jangan mengemudi terlalu cepat yang membuat anda selalu mengerem mendadak. Jagalah jarak mobil anda dengan kendaraan lain. Jangan lupa saat anda ingin pindah jalur untuk menyalakan lampu sein dan perhatikan kendaraan lain disekitar anda. Hindari memegang ponsel saat mengemudi karena bisa mengurasi konsentrasi anda di jalan raya. Patuhilah rambu-rambu lalu lintas terlebih daerah yang menurut anda asing.

Kelima tips aman mengemudi ini sangat mudah dilakukan. Jangan lupa untuk terus isi ulang paket data murah agar sesampainya kamu ditempat tujuan kamu bisa berkomunikasi melalui BBM, Whatsapp, Line, dan lainnya ke keluarga atau teman terdekat.

Cara Aman Mengemudi Mobil Perjalanan Jarak Jauh | Si Boy | 4.5
Leave a Reply