Perbedaan Website dan Blog

By On Saturday, September 17th, 2016 Categories : Artikel, Ngeblog

—cara-sukses-ngeblog-dan-kaya-rayaCatatan Si Boy -Barangkali masih banyak yang bingung apa perbedaan antara website dan blog. Pada dasarnya, website dan blog sama saja, sama-sama menampilkan suatu halaman web melalui jaringan internet. Namun apabila ditinjau dari fungsinya, website dan blog mempunyai perbedaan. Website digunakan untuk branding  suatu product, service, ataupun organisasi. Sedangkan —Blog merupakan wadah publikasi tulisan, image, dan lain-lain. Secara rinci perbedaan tersebut sebagai berikut:

Website:

—1. Branding;

Sebagai branding dari suatu product, service, ataupun organisasi tertentu, maka sebuah website harus mempunyai ciri khas tertentu misalnya tampilan yang bertemakan suatu bentuk, warna, ataupun yang lainnya.

2. —Tampilan harus beda;

Karena website harus mempunyai ciri khas yang digunakan sebagai branding maka website harus berbeda dari yang lainnya. Tampilan tidak boleh sama dengan website yang lainnya.

3. —Harus bisa memaham bahasa pemprograman/ coding (HTML, CSS, dll);

Karena tampilan harus beda, maka tampilan harus didesign original. Untuk mendesign tampilan ini maka memerlukan kemampuan memahami bahasa pemprograman baik HTML, CSS, dll yang sering disebut coding.

4. —Isi tidak selalu update.

Karena website mempunyai fungsi utama sebagai branding, maka isi tidak selalu dan sering di-update. Update isi hanya apabila ada product baru yang perlu dipromosikan, dan tentu product baru tersebut tidak akan terjadi sangat sering.

—

Blog:

1. —Bagian dari website;

Blog merupakan bagian dari website. Analoginya, apabila ingin membuat blog, maka kita harus mendaftar atau masuk ke alamat website tertentu terlebih dahulu. Website ini biasanya disebut platform dari blog yang ingin dibuat. Contohnya adalah blogger.com, wordpress.com.

—2. Pribadi;

Blog pada umumnya digunakan untuk keperluan pribadi. Maka tidak heran kalau blog  berisi curhatan-curhatan, cerita pendek, puisi, hobi, dll. Pemilik blog ini pastinya perorangan. Meskipun biasanya blog dimiliki secara pribadi, namun tidak blog juga dimiliki oleh organisasi tertentu yang aksesnya diserahkan ke admin yang ditunjuk.

3. —Tampilan tidak harus beda;

Tampilan blog tidak harus berbeda dari orang lain. Maka tidak heran anda akan menemukan berbagai macam blog yang berbeda, namun tampilan/ templatenya sama. Template bagi blogger yang terpenting adalah bagus dalam mesin pencari (search engine). Pada saat ini kriteria template bagus adalah ringan loading, responsive, dan SEO friendly.

4. —Tidak harus memahami coding;

Karena tampilan tidak harus beda, maka tidak heran ada banyak orang yang menawarkan template baik gratis maupun berbayar yang bisa anda download. Jadi, karena anda bisa mendownload sendiri, jadi anda tidak perlu repot-repot menguasi bahasa program (coding) untuk mendesign sendiri.

—5. Bisa selalu update.

Blog bisa selalu diupdate. Anda bisa memposting sesering yang anda suka menurut kemauan anda. Contohnya pada blog-blog berita, anda bahkan bisa menemukan puluhan kali update postingan setiap harinya. Lebih sering anda mengupdate postingan terbaru maka semakin bagus bagi blog anda di mesin pencarian.

Itu beberapa perbedaan mendasar antara website dan blog yang dapat kami himpun. Sekian dan semoga bermanfaat!

Save

Perbedaan Website dan Blog | Si Boy | 4.5
Leave a Reply